Manfaat Daun Sukun Ampuh untuk Obat Herbal Alami

Manfaat Daun Sukun - Sukun merupakan tanaman yang buahnya hampir mirip dengan buah nangka dan buah durian. Tanaman yang bernama latin Artocarpus altilis memiliki buah berbentuk bulat dengan duri yang tidak setajam buah nangka atau durian.

Daging buahnya sangat empuk, serasa seperti makan roti. Selain itu, buah sukun biasa diolah sebagai camilan berupa kripik di beberapa daerah di Indonesia. Sedangkan untuk buah sukun yang masih muda dijadikan sayur lodeh yang memiliki cita rasa yang nikmat. Namun, tidak hanya buah sukun saja yang bermanfaat, daun sukun juga memiliki manfaat yang tidak kalah bagusnya bagi kesehatan.

Menurut penelitian, daun sukun memiliki manfaat untuk mengobati  penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, dan penyakit kronis lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam daun sukun terdapat kandungan tannin, polifenol, quercetin, artoindosionin dan asam hidrosionat. Selain itu, terdapat pula kandungan antioksidan jenis flavonoid dan jenis senyawa lainnya di dalam daun sukun.

Umumya, obat herbal berbahan dasar dedaunan diolah dengan direbus lalu diminum airnya atau menjemur daun sampai kering. Kemudian langsung diminum atau ditambahkan bahan-bahan herbal lainnya.

Cara mengolah daun sukun menjadi ramuan alami berbeda-beda tergantung jenis gangguan yang diderita seseorang. Jangan sampai salah mengolahnya karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Manfaat Daun Sukun untuk Obat Herbal berbagai Penyakit

Manfaat daun sukun untuk mengobati asam urat

Pilih daun segar yang tidak berlubang, mulus dan bersihkan menggunakan kain jika permukaannya kotor. Cuci daun tersebut kemudian potong-potong lalu keringkan dengan cara dijemur atau diangin-anginkan. Manfaat daun sukun kering ini bisa menyembuhkan penyakit asam urat caranya siapkan 15 gram daun kering, satu genggam daun greges otot (bibitungan), madu atau gula batu secukupnya serta 1 gelas air mendidih.

Cara membuat obat herbal asam urat : seduh daun sukun bersama daun greges otot lalu saring airnya. Setelah dingin, tambahkan madu alami atau gula batu sebagai pemanis ramuan. Minum obat herbal daun sukun ini secara teratur dua kali sehari selama sepuluh hari.

Manfaat daun sukun untuk ginjal

Meminum rebusan daun secara teratur dibarengi doa kepada yang maha kuasa bisa menjadi obat herbal untuk menyembuhkan sakit ginjal. Kuncinya adalah disiplin dalam mengkonsumsi ramuan herbal daun sukun setiap hari. Jangan lupa untuk memilih daun terbaik yaitu segar, tidak berlubang, bersih dari kotoran.

Khasiat daun sukun untuk jantung

Menurut sebuah penelitian, ekstrak daun sukun memiliki kandungan antioksidan jenis sitoserol dan flavonoid yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya dapat menangkal radikal bebas akibat polusi, sehingga terhindar dari penuaan dini dan mencegah timbulnya sel kanker serta tumor dalam tubuh

Cara mengolahnya, pilih daun sukun yang sudah tua serta masih menempel di pohonnya. Bersihkan memakai air mengalir lalu jemur hingga kering.

Rebus dengan lima gelas air hingga mendidih sampai airnya tinggal separuh. Tambahkan air lagi hingga mencapai volume lima gelas. Manfaat Air rebusan daun sukun ini hanya bertahan satu hari jadi harus dihabiskan hari itu juga dengan kata lain tidak bisa disimpan untuk besok.

Manfaat daun sukun untuk diabetes

Manfaat daun sukun untuk obat diabetes adalah dengan menyediakan tiga lembar daun sukun berwarna hijau tua, usahakan yang masih menempel di dahan pohon. Bersihkan di air mengalir, rajang kemudian jemur sampai kering. Siapkan juga wadah lalu isi air bersih dua liter. Usahakan wadah tersebut terbuat dari gerabah tanah liat, tapi jika tidak ada bisa menggunakan panci stainless steel. Rebus daun sukun kering tadi dalam wadah yang sudah disiapkan.

Tunggu hingga airnya tinggal separuh. Selanjutnya tambahkan air bersih satu liter dan rebus lagi sampai separuh. Dinginkan, minum secara teratur setiap hari untuk mengobati diabetes serta menurunkan kadar kolesterol darah.

Khasiat daun sukun untuk penyakit liver

Cara mengolah daun sukun untuk penyakit liver adalah, ambil daun yang sudah tua kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu, rebus dengan air secukupnya sampai berwarna merah tua. Tunggu hingga dingin, minum air rebusan daun sukun dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari sebanyak satu gelas sekali minum.

Manfaat daun sukun untuk menurunkan Kolesterol

Tingginya kolesterol dalam tubuh akan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, salah satunya adalah penyumbatan pembuluh darah dan  penyakit jantung. Untuk mengatasi peningkatan kolesterol dapat dilakukan dengan mengkonsumsi teh daun sukun yang diseduh bersama bangle, lalu minum dalam keadaan hangat.

Manfaat daun sukun mencegah peradangan dan inflamasi

Manfaat daun sukun mampu mengatasi peradangan dan inflamasi. Caranya cukup mudah, pertama – tama siapkan satu lembar daun sukun tua, cuci hingga bersih. Selanjutnya rebus sampai mendidih dengan air sebanyak 5 gelas penuh hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum air rebusan daun sukun setiap hari.

Cara mengolah daun sukun untuk obat herbal secara Tradisional

  1. Agar khasiat serta manfaat yang terkandung dalam daun herbal ini bisa diserap maksimal oleh tubuh dan untuk menghindari terjadinya efek samping keracunan yang berbahaya bagi kesehatan, berikut cara yang benar mengolah daun sukun mulai dari proses pemilihan bahan, penjemuran sampai proses perebusan.
  2. Usahakan memilih daun yang sudah tua atau akan lebih baik daun yang warnanya kuning.
  3. Hindari mengambil daun yang sudah jatuh ke tanah, jadi agar khasiat daun sukun bisa maksimal sebaiknya langsung memetik dari pohonnya.
  4. Jika olahan herbal memakai daun yang masih segar, hindari mengolah daun yang cacat (banyak lubang, kotor, warna tidak merata). Biasakan mencuci dengan air mengalir sebelum mengolah daun sukun.
  5. Jika olahan herbal menggunakan daun kering, jemur dibawah sinar matahari sampai mereka benar-benar kering.
  6. Cara merebus daun sukun yang benar hendaknya selalu memakai gerabah tanah liat atau paling tidak panci stainless steel. Hindari memakai panci aluminium karena zat pada daun bisa menimbulkan reaksi yang beresiko membahayakan kesehatan.
Demikian informasi seputar Manfaat Daun Sukun Ampuh untuk Obat Herbal Alami, semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Posting Komentar

  1. INFO: Buat Anda yg lagi mengalami Suatu masalah seperti,
    1.Masalah Ekonomi
    2.Terlilit Hutang
    3.Masalah Rumah Tangga Dlln.
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya memposting hal seperti ini niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidaknya,yg jelas jika anda mengalami kesulitan tdk ada salahnya untuk berusaha menyelesaikan dgn ilmu gaib
    Beberapa contoh bantuan KI BARON
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PELET/PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.Dan Masih banyak Bantuan lainnya
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775
    Atau KLIK DI SINI Untuk berkunjung di situs KI BARON,
    Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda.!

    BalasHapus

Obatnya Herbal

{picture#http://4.bp.blogspot.com/-0cA0jwlkoGc/ViEZ_rQCLOI/AAAAAAAAAfg/M6MsH75dfMI/s1600/call-service.jpg} Obatherbal merupakan situs yang berisikan informasi seputar kesehatan dengan topik pembahasan tentang penyakit, pengobatan, tips kesehatan, dan lain sebagainya. {facebook#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {twitter#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {google#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {pinterest#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {youtube#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {instagram#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal}
Diberdayakan oleh Blogger.