Cara mencegah kanker payudara

Cara mencegah kanker – Kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Kanker merupakan tumor yang sudah berubah menjadi ganas. Kanker atau yang biasa disebut neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal).


Gejala kanker tidak mudah untuk dikenali tanda atau gejalanya hingga dikatakan mengidap kanker. Penyakit kanker pada stadium awal biasanya tidak menimbulkan gejala. Gejala kanker akan muncul apabila sudah berkembang ke tahap lebih lanjut.

Secara umum, penderita kanker akan mengalami sejumlah keluhan yakni: buang air besar tidak tuntas dan tak teratur, feses (tinja) berwarna hitam kemerah-merahan, sesak nafas walaupun tidak menderita asma dan berat badan turun drastis tanpa diet.

Kanker mampu menyerang semua bagian tubuh. Karena itu, jenis-jenis kanker dikenal berdasarkan organ tubuh yang terkena, seperit kanker payudara, kanker kulit dan kanker hati. Awalnya, kanker hanya tumbuh di satu bagian tubuh. Namun, dalam pertumbuhannya, sel-sel kanker dapat menyebar lebih luas ke bagian-bagian tubuhh yang lain dan disebut sebagai anak sebar atau metastasis.

Sebenarnya penyakit kanker ini masih bisa di obati dan dalam beberapa kasus banyak pasien yang bisa sembuh, akan tetapi masih tergolong sedikit, karena biasanya kanker akan datang kembali oleh karena itu mengetahui cara mencegah kanker adalah solusi terbaik sebelum terjangkit penyakit kanker.

Kanker dapat dikatakan sebagai penyakit gaya hidup karena dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat dan menjauhi faktor risiko terserang kanker.

Hal yang harus dilakukan untuk penyakit ini adalah bagaimana mengetahui cara mencegah kanker baik itu
cara mencegah kanker payudara, mencegah kanker serviks, mencegah kanker otak, mencegah kanker usus atau mencegah kanker lainnya.

Tips Cara mencegah kanker dengan mudah

Berikut beberapa cara mencegah kanker sejak dini dengan mudah :

1. Memeriksa resiko karena keturunan.

Salah satu ara mencegah kanker adalah memeriksa penyebab kanker berasal dari faktor keturunan. Jika ada orangtua atau saudara yang menderita kanker, sangat mungkin kanker juga menyerang anggota keluarga lainnya. Untuk itu mengetahui ada tidaknya anggota keluarga yang pernah terkena kanker sangat penting sebagai upaya mencegah kanker.

2. Hindari makanan yang dibakar atau diasap

Makanan yang diasap dan dibakar bisa menjadi salah satu pemicu penyakit, usahakan untuk menghindari makanan yang dibakar atau diasap, karena makanan seperti itu beresiko terkena penyakit kanker. Contohnya seperti ikan asap atau ayam bakar. Menghindari makanan tersebut merupakan salah satu cara mencegah kanker.

3. Jauhi minuman beralkohol

Minuman beralkohol memang mengandung manfaat tapi tidak sebanding dengan efek sampingnya. Hal itulah yang membuat anda akan beresiko terkena kanker, ternyata alkohol juga bisa besifat karsinogen atau memicu kanker.

4. Menghindari kebiasaan merokok

Dalam sebatang rokok terdapat ribuan zat beracun dan pemicu kanker.Kebiasaan merokok juga sangat tidak baik pada kesehatan, tidak hanya beresiko terkena kanker, akan tetapi banyak penyakit yang akan alami jika merokok, seperti impotensi, penyakit jantung, bronkitis dan gangguan janin. Jika anda mau mencegah kanker, menghindari kebiasaan merokok merupakan langkah yang tepat.

5. Menghindari makanan berlemak

Lemak memang diperlukan oleh tubuh, akan tetapi jika anda berlebihan dalam mengkonsumsinya lemak akan menumpuk dan memicu terjadinya kanker pada tubuh anda. Lebih baik hindari makanan berlemak, apalagi lemak tinggi.

6. Hindari Makanan Siap Saji

Makanan olahan siap saji kebanyakannya banyak mengandung zat-zat karsinogen pemicu kanker seperti perasa, pengawet dan pewarna buatan.

7. Makan makanan kaya serat dan Antioksidan

Makanan yang kaya akan serat dan antioksidan sangat baik dalam mencegah kanker, hal ini sudah dibuktikan oleh para peneliti. Karena antioksidan merupakan salah satu zat yang sangat baik untuk mencegah kanker.

Bahan makanan yang banyak mengandung antioksidan ialah sayuran seperti brokoli, sawi hijau, pare, tomat, wortel, seledri, daun pepaya dan kacang-kacangan

Sementara untuk buah-buahan ialah, pepaya, apel, anggur, pir, melon, semangka dan jambu biji merah.  Kemudian untuk lauk pauk, anti oksidan dapat ditemukan di tempe dan ikan laut.

8. Cara mencegah kanker dengan Rutin olahraga

Berolahraga merupakan cara yang baik untuk mencegah kanker. Karena lemak akan terbakar dalam proses olahraga, dan daya tahan tubuh Anda menjadi lebih kuat. Olahraga yang paling gampang untuk mencegah kanker itu seperti lari pagi, atau jalan santai. Rutin berjalan kaki merupakan salah satu cara mencegah kanker payudara. Lakukan secara rutin dan teratur, jauh dari penyakit kanker.

9. Hindari Kegemukan atau Obesitas

Sebenarnya ini masih terkait dengan pola makan. Kesalahan dalam pola makan terutama kesalahan dalam hal konsumsi kalori berlebih bisa memicu tubuh untuk jadi gemuk. Tidak sedikit para pakar kesehatan yang menegaskan bahwa kekemukan termasuk salah satu pemicu munculnya penyakit kanker dalam tubuh. Selain kanker, kegemukan juga bisa memicu penyakit berat lainnya seperti penyakit jantung, diabetes, darah tinggi dan lain sebagainya.

10. Konsumsi vitamin A, C, dan E

Dengan mengkonsumsi vitamin A,C, dan E sangat baik untuk mencegah kanker. Selain fungsi sebagai vitamin untuk menambah daya tahan tubuh, vitamin ini juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk mencegah resiko terjadinya kanker.

11. Jauhkan dari Setres dan Emosi

Emosi ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keseimbangan kerja berbagai sestem dalam tubuh. Emosi yang tidak terkendali lebih disertai stres yang berkepanjangan bisa merusak berbagai keseimbangan dalam tubuh. Emosi tidak terkendali stres yang berkepanjangan bisa memicu berbagai penyakit baik berat maupun ringan. Sel-sel tubuh seseorang cenderung liar pada orang-orang suka marah dan emosi tidak terkendali lebih-lebih setelah ditambah dengan stres yang sering dan berkepanjangan.

12. Perbanyak minum air putih

Salah satu cara mencegah kanker adalah minum air putih sekitar  10-12 gelas/ hari.  Waktu yang tepat untuk mengonsumsi air putih yakni saat bangun tidur, sebelum dan sesudah makan dan menjelang tidur.

12. Cara mencegah kanker dengan Obat Herbal

Mengkonsumsi bahan-bahan herbal anti kanker seperti daun sirsak, kulit manggis dan lain sebagainya memang tidak harus menunggu kita dalam keadaan terserang kanker. Hendaknya kita sesekali atau bahkan agak rutin untuk mengkonsumi bahan-bahan herbal yang berkhasiat anti kanker.
Itulah beberapa cara mencegah kanker dengan mudah dan alami.
Semoga artikel bermanfaat



Sumber: Obatherbal-murah.com

Posting Komentar

Obatnya Herbal

{picture#http://4.bp.blogspot.com/-0cA0jwlkoGc/ViEZ_rQCLOI/AAAAAAAAAfg/M6MsH75dfMI/s1600/call-service.jpg} Obatherbal merupakan situs yang berisikan informasi seputar kesehatan dengan topik pembahasan tentang penyakit, pengobatan, tips kesehatan, dan lain sebagainya. {facebook#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {twitter#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {google#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {pinterest#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {youtube#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {instagram#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal}
Diberdayakan oleh Blogger.