Bahaya Kopi bagi Kesehatan Anda

Anda penikmat kopi? Minum kopi sekarang ini sudah menjadi sebuah trend dan gaya hidup tersendiri dikalangan masyarakat modern. Banyaknya kedai kopi atau warung kopi yang hanya sekedar untuk menikmati secangkir kopi semakin memanjakan para penikmat kopi.

Secangkir kopi sehari bisa melancarkan peredaran darah,perangsangan pada saraf pusat (otak), hal ini akan mengakibatkan tubuh kita terasa lebih segar, bergairah, daya pikir yang lebih cepat, tidak mudah lelah, serta tidak mudah mengantuk. Kandungan kafein juga dipercaya dapat membantu mengobati sakit kepala, karena kandungannya yang dapat mempersempit pembuluh darah ke otak. Mungkin karena paparan efek tersebut yang menjadikan kopi lebih dinikmati oleh kalangan masyarakat, terutama para pekerja.

Senikmat apapun kopi, kita harus tetap berhati hati dan membatasi dalam mengonsumsi kopi secara berlebihan. Menurut para ahli kesehatan, kopi mengandung senyawa kafein berbentuk kristal, memiliki rasa pahit dan bekerja menghasilkan psikotonik yang kuat dan diuretik ringan. Selain terkandung dalam kopi, kafein juga terkandung dalam teh.

Berikut adalah beberapa bahaya kopi, mengkonsumsi secara berlebihan:

Detak Jantung Berlebihan

Efek lain dari minum kopi adalah meningkatkan detak jantung jantung berdebar. Kondisi ini diakibatkan karena kandungan kefein dalam kopi bisa mempercepat denyut jantung, mempengaruhi saraf pada otak sehingga kopi tidak dianjurkan bagi orang yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi dan sakit jantung. Walau satu cangkir kopi sehari bermanfaat baik untuk kesehatan, namun bagi Anda yang mempunyai masalah dengan kopi sebaiknya menghindari minum kopi.

Asam Lambung.

Minum kopi juga akan membuat perut mual. Mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan kadar asam lambung yang nantinya akan mengakibatkan timbulnya sakit maag. Kandungan kafein membuat asam lambung naik. Karenanya perut menjadi mual dan terasa sebah dan terkadang ingin muntah. Bagi yang menunjukkan tanda tanda resisten akan baik baik saja dalam beberapa waktu, namun lambat laun seiring meningkatkan frekuensi minum kopi maka masalah mual ini akan datang juga. Solusinya adalah membatasi konsumsi kopi per harinya. Bila kondisi mual sudah parah maka sebaiknya stop minum kopi atau teh dan beralih pada minuman yang lebih sehat.

Melemahkan daya tahan tubuh.

Kandungan kafein dalam kopi memiliki sifat menyerap vitamin, mineral, serta cairan dalam tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan daya tahan tubuh kita menjadi lemah. Oleh sebab itu biasakan minum air putih setelah kita mengkonsumsi kopi.

Kadak trigliserida tinggi.

Kopi dapat meningkatkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam tubuh, hal ini akan mengakibatkan lemak dalam tubuh mengendap serta penyempitan pembuluh darah yang mana dapat menimbulkan serangan jantung atau stroke.

Bahaya kopi bagi wanita hamil

Kafein dapat menyerang plasenta, sirkulasi darah, dan detak jantung pada janin di kandungan. Hal ini bisa menyebabkan keguguran. Oleh sebab itu, bagi wanita hamil sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kopi.   

Insomnia

Efek samping yang banyak dicari namun terkadang dihindari oleh penikmat kopi adalah insomnia atau efek begadang. Kopi memang terkenal untuk teman begadang karena kandungan kafeinnya membantu kinerja jantung dan membuat orang waspada sehingga sulit tidur. Efek yang satu ini sering dimanfaatkan oleh pekerja untuk tetap terjaga sepanjang malam. Tentunya juga ada efek lain dari keadaan insomnia ini yaitu kurangnya konsentrasi. Semuanya jadi tidak fokus karena sebenarnya tubuh sudah lelah namun dipaksa untuk bangun.

Merusak Gigi

Kopi dapat mengakibatkan gangguan pada gigi, yaitu gigi berlubang dan menyebabkan gigi kuning, serta mengakibatkan timbulnya karang gigi.

Memicu Kegelisahan

Efek dari dampak buruk minum kopi adalah memicu kegelisahan. Hal ini diakibatkan oleh kandungan kafein dalam kopi yang membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga mengakibatkan gelisah. Namun demikian, tidak semua orang mengalami efek ini. pada beberapa orang yang menunjukkan resistensi, gelisah seperti ini tidak pernah ditemukan. Namun bagi beberapa orang yang lain, minum kopi walau sedikit bisa memicu kegelisahan, bahkan pada efek lebih lanjutnya orang bisa gemetar hebat.

Hipertensi

Senyawa dalam kopi dapat mengakibatkan tekanan darah meningkat. Hal ini bisa mengakibatkan hipertensi atau lebih dikenal tekanan darah tinggi. Kopi adalah makanan penyebab darah tinggi cepat naik yang sangat mematikan untuk penderita hipertensi.

Produksi urin meningkat

Efek minum kopi selanjutnya adalah deuretik atau menyebabkan sering kencing. Kopi mempunyai sifat deuretik sebagaimana teh juga mempunyai sifat ini. Minum kopi terlalu

banyak akan menyebabkan orang buang air kecil lebih sering. Kafein dapat meningkatkan aliran darah ke ginjal dan meningkatkan produksi urine. Sehingga tidak heran jika kita menjumpai seseorang yang lebih sering buang air kecil setelah mengkonsumsi kopi maupun teh.

Kemandulan

Mengkonsumsi kopi secara berlebih dan atau dibarengi minum alkohol dapat mempengaruhi kesuburan wanita. Dah hal ini bisa mengakibatkan kemandulan.

Osteoporosis

Dapat meningkatkan resiko tulang keropos (osteoporosis) terutama bagi wanita yang telah menginjak masa menopause.

Risiko Kanker kandung kemih dan ovarium

Menurut Physicians Commitee For Responsible Medicine dalam Healthy Eating for Life to Prevent and Treat Cancer mengungkapkan bahwa kopi dapat mempengaruhi DNA dan juga meningkatkan resiko terkena kanker kandung kemih dan ovarian.

Merusak sel mulut

Berhati-hatilah bagi anda yang suka mengkonsumsi kopi terlalu panas, karena hal tersebut dapat mengakibatkan rusaknya sel-sel dalam mulut dan kerongkongan, sehingga berdampak timbulnya kanker pada bagian tersebut.

Endometriosis

Hasil penelitian dari Harvard School of Public Health mengemukakan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat terjangkit sebuah kelainan yang menyerang sistem reproduksinya yang disebut endometriosis. Dimana si wanita akan mengalami sakit yang luar biasa saat dia menstruasi.

Kadar homosistein yang tinggi

Homosistein sendiri adalah asam amino esensial yang diproduksi tubuh saat memproduksi protein. Jika kadar homositein anda tinggi, itu berarti kadar glutathione anda rendah. Dan kondisi tersebut bisa meningkatkan resiko kematian karena beragam penyakit. Seperti kanker dan jantung koroner. Ahli dari Physician Health Study mengemukakan bahwa kadar homosistein yang tinggi akan meningkatkan resiko serangan jantung hingga 3 sampai 4 kali lipat.

Pembesaran pembuluh darah

Minum kopi juga berdampak pada pembesaran pembuluh darah atau lebih dikenal dengan vasolidasi.

Kram otot

Minum kopi juga mengakibatkan ngilu dan juga cram pada otot-otot dikarenakan kandungan kafein di dalamnya bisa mengurangi kadar creatin serum pada tubuh.

Gangguan Mood

Seorang pecandu kopi juga akan lebih beresiko mengalami gangguan mood. Ia akan cepat marah atau naik pitam.

Kafein dalam kopi bisa mengakibatkan sakit kepala

Hal ini terjadi apabila orang mengkonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir setiap harinya. Kopi memang sering digunakan untuk anti nyeri bahkan dalam beberapa obat sakit kepala menyertakan kafein dalam racikannya. Namun apabila berlebihan, kadar kafein dalam darah akan memicu efek sebaliknya. Kadar kafein berlebih bisa mengakibatkan sakit kepala.

Susah BAB

Kopi juga dapat menyebabkan seseorang mengalami susah buang air besar.

Glaucoma

Bisa menyebabkan exfoliation glaucoma atau gangguan pada mata. Jae Hee Kang, asisten profesor kedokteran di Channing Division of Network Medicine at Brigham and Women’s Hospital in Boston mengemukakan bahwa minum kopi tiga cangkir sehari dapat meningkatkan gangguan pada glaucoma, khususnya mereka yang berasal dari keluarga dengan riwayat gangguan glaucoma.

Keseimbangan lemak menurun

Konsumsi kafein yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan lemak dalam tubuh kita.

Tubuh berkeringat

Kafein juga dapat mengakibatkan tubuh cepat berkeringat dan perut terasa panas akibat keluarnya asam gastrat dari tubuh kita.

Iritasi usus

Kafein bisa menyebabkan iritasi pada usus sehingga terjadi gangguan pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Stress.

Kopi dapat juga menjadi pemicu terjadinya stress karena kafein dapat kafein dapat menyebabkan lepasnya hormon kortisol, epinefrin, dan norepinefrin yang merupakan hormon stress.

Kematian mendadak.

Mungkin Anda pernah mendengar orang meninggal dunia setelah minum kopi di pagi hari. Kopi membuat detak jantung menjadi cepat, bagi yang mempunyai riwayat darah tinggi sangat disaranka untuk menjauhi konsumsi kopi.

Itulah beberapa dampak buruk minum kopi yang harus anda ketahui sebelum terlambat, sebenarnya ada baiknya juga minum kopi, tapi jangan terlalu berlebihan.







Posting Komentar

Obatnya Herbal

{picture#http://4.bp.blogspot.com/-0cA0jwlkoGc/ViEZ_rQCLOI/AAAAAAAAAfg/M6MsH75dfMI/s1600/call-service.jpg} Obatherbal merupakan situs yang berisikan informasi seputar kesehatan dengan topik pembahasan tentang penyakit, pengobatan, tips kesehatan, dan lain sebagainya. {facebook#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {twitter#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {google#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {pinterest#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {youtube#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {instagram#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal}
Diberdayakan oleh Blogger.