Manfaat Daun Sembung Sebagai Obat Tradisional

Banyak tumbuh-tumbuhan disekitar yang tumbuh liar dan kita anggap gulma ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa. Seandainya kita tahu manfaat dan kegunaan tumbuh-tumbuhan yang ada disekitar bisa digunakan sebagai obat penyakit, kenapa tidak kta memanfaatkannya? Termasuk manfaat daun sembung sebagai obat tradisional.

Sebelum kita membahas manfaat daun sembung, tidak ada salahnya kalau kita mengenal tumbuhan ini terlebih dahulu. Mengutip dari Wikipedia.org, Sembung adalah tanaman perdu yang biasa dipakai untuk mengobati penyakit pilek, reumatik, kembung, diare, sakit tulang dan lain-lain. Di Filipina juga dipakai sebagai obat peluruh (diuretik). Kegunaan lainnya adalah untuk mengobati luka yang terinfeksi, infeksi pernafasan, dan sakit perut di Thailand dan Cina sebagai obat rakyat.

Nama ilmiah dari tanaman Sembung adalah Blumea Balsamifera. Tanaman sembung di daerah Sunda dikenal dengan sembung utan, di Jawa Tengah ada yang menyebut sembung langu, sembung mingsa, sembung gula, sembung kuwuk, sembung gula, atau sembung lelet, orang Madura menyebutnya kamandhin, sementara di Sumatera dengan sebutan capa atau capo, dan di daerah Ternate sembung biasa disebut apompase atau mandikapu.


Sembung termasuk tanaman perdu, yang tumbuh hingga mencapai tinggi 4 m. Tegak lurus dan mempunyai rambut halus. Daun di bagian bawah tanaman ini bertangkai, sementara bagian atasnya berseling-seling daun yang merunduk dengan bentuk bundar seperti telur dan lonjong. Bagian pangkal daun dan ujungnya lancip, pinggirannya bergerigi. Pada tangkai daunnya sendiri biasanya terdapat dua sampai 3 daun tambahan. Bagian atas permukaan daunnya sedikit kasar, tetapi bagian bawahnya halus bagai beludru. Sembung mempunyai bunga berwarna kuning yang muncul di pucuk cabangnya.

Manfaat daun sembung sebagai obat tradisional

Bagian tanaman sembung yang biasanya digunakan untuk pengobatan adalah bagian akar dan daun, baik dalam keadaan segar atau saat sudah kering. Kandungan senyawa kimia di dalam daun sembung adalah limonene, cineole, borneol, glukosida, dimethyl ether phloroacetophenone, asam palmitin, alkohol sesquiterpen, minyak siri dan juga zat yang bergetah yang digunakan untuk kapur barus.

Berikut ini beberapa manfaat dari daun Sembung untuk pengobatan berbagai penyakit secara tradisional.

1. Manfaat Daun sembung sebagai obat diare


Manfaat daun sembung yang paling terkenal adalah khasiatnya dalam membantu masalah pencernaan. Jika seseorang mempunyai masalah sakit perut atau diare, daun sembung bisa dijadikan obatnya

Caranya: Ambil segenggam daun sembung, cuci dengan air bersih. Potong menjadi beberapa bagian kecil. Rebus irisan daun dengan 3 gelas air hingga hanya tersisa setengahnya. Tambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit.

Biasanya ramuan daun sembung ini diminum tiga kali sehari, dengan porsi 2 ½ gelas setiap kali minum.

2. Daun sembung sebagai obat flu dan batuk


Daun sembung sangat berkhasiat saat seseorang sedang mengalami flu dan batuk. Cara ntuk menyembuhkan flu dan batuk dengan daun sembung, adalah:

Sediakan ¼ genggam daun sembung, Pulo sari sebesar satu jemari, Setengah sendok adas, ¼ genggam kayu angin, 1/3 genggam daun bayam duri. Cuci semua bahan dengan air bersih. Rebus bahan dengan 4 gelas air hingga tersisa separuh. Ramuan ini sebaiknya diminum secara rutin di pagi dan sore hari sampai benar-benar sembuh.

3. Daun sembung untuk pereda nyeri haid


Bagi wanita yang sedang kedatangan tamu bulanan, nyeri yang terasa kadang tidak tertahankan. Daun sembung bisa membantu untuk mengurangi rasa nyeri tersebut.

Berikut langkah-langkahnya, ambil 5 helai daun sembung dan 5 biji kedaung, semua dipanggang dan lalu dihaluskan, Rebus dengan air bersih sebanyak 2 gelas, Diamkan hingga tersisa 1 gelas, Saring dan ambil air hasil rebusan.

Ramuan ini baik diminum setelah sudah dingin. Niscaya nyeri haid akan mereda.

4. Daun sembung sebagai perangsang nafsu makan


Saat salah satu keluarga Anda, tidak mempunyai rasa nafsu makan, daun sembung bisa menjadi solusinya. Berikut cara-caranya, Siapkan 6 lembar daun sembung, Rebus di air sebanyak 2 gelas, Diamkan hingga yang tersisa adalah 1 ½ gelas, Saring dan ambil air rebusan.

Ramuan ini bisa diminum setiap hari, pagi dan sore. Jika dirasa terlalu pahit, Anda bisa menambahkan sedikit manfaat madu di dalamnya.

5. Akar sembung sebagai obat rematik sendi


Bukan cuma daunnya yang bisa sebagai obat tradisional, bagian akarnya juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Saat terkena nyeri di sendi karena rematik, akar sembung berkhasiat untuk mengobatinya. Caranya adalah, sediakan akar sembung sebanyak 30 gram, sediakan juga 60 gram daun gandarusa, cuci bersih kedua bahan tersebut, rebus dengan air sebanyak tiga gelas, biarkan sampai sisa air rebusan hanya satu gelas. saring dan ambil air hasil rebusan.

Ramuan obat tradisonal ini sebaiknya diminum sebanyak dua kali dalam sehari. Minumlah sekitar 2 ½ gelas.

6. Manfaat daun sembung sebagai Obat sakit maag

Manfaat daun sembung juga bisa sebagai obat sakit maag, cara mengolahnya pertama siapkan daun sembung segar sebanyak 5 lembar, setelah dicuci sampai bersih rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi satu gelas, tambahkan garam dapur sedikit, lalu minum sebelum sarapan pagi. Lakukan perawatan ini dengan rutin sampai sakit maag yang anda derita sembuh.

7. Manfaat daun sembung untuk Obat beri-beri

Untuk mengobati penyakit beri-beri pertama siapkan daun sembung segar seperempat genggam, daun turi segar seperempat genggam, tiga butir cabe jawa dan daun legundi segar seperempat genggam. Kesemua bahan cuci sampai bersih lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi setengahnya, setelah dingin saring ambil airnya lalu minum 2 kali sehari dengan dosis sekali minum 3/4 gelas.

Demikian ulasan khasiat dan manfaat daun sembung. Sebenarnya masih banyak kegunaan daun sembung yang lain. Selain daun sembung pada dasarnya, tumbuhan yang ada disekitar kita banyak yang bisa dijadikan obat tradisional untuk kesehatan.

Posting Komentar

Obatnya Herbal

{picture#http://4.bp.blogspot.com/-0cA0jwlkoGc/ViEZ_rQCLOI/AAAAAAAAAfg/M6MsH75dfMI/s1600/call-service.jpg} Obatherbal merupakan situs yang berisikan informasi seputar kesehatan dengan topik pembahasan tentang penyakit, pengobatan, tips kesehatan, dan lain sebagainya. {facebook#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {twitter#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {google#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {pinterest#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {youtube#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal} {instagram#https://www.facebook.com/ObatnyaHerbal}
Diberdayakan oleh Blogger.